Minggu, 20 September 2020

Puisi Untukku

 Untukku

Oleh: Vika Rachmania Hidayah

 

 

Semarang, 19 September 2020

 

Nanar hati penuh noda

Bersimpu nalar yang tak bercahaya

Tubuh lumpuh tak berdaya

Mengharuskan diri kembali pada jalan-Nya

 

Untukku yang aku sayangi

Beribu perih yang telah dijalani

Menjadikan diri terlatih untuk mandiri

Haruskah aku menyiksa diri lagi?

Cukupkanlah jeritan ini

Kembalilah pada jalan yang di ridhoi

 

Senyup jiwa menghantarkanku pada sebuah ruang “selamat”

Ayat suci mengalun indah terdengar menyayat

Jiwa yang kosong kembali terisi menjadi selamat

Bagaimana bisa aku abai dengan sebuah rahmat?

 

Untukku yang aku sayangi

Nahas jika kamu membuat jarak dengan Illahi

Nahas jika seorang hamba tak sadarkan diri

Nahas bila dirimu tak memberi manfaat di bumi

Nahas bila seorang abdi tak mau bersyukur pada sang rabbi

Agar sesal tak menghampiri,

Ayolah mengaji,

Menjadi santri,

Merangkul erat cahaya fitrah diri

Mendekap romantis dengan diri sendiri

Menyelami samudra birunya hati

 

Derita yang memanah

Meleburkan keharuman dalam hikmah

Indah dekapanMu di langit dan tanah

Meluruhkan sukma yang berdarah

Sholawat menghiasi ruang berkah

Menjadikan diri tak lagi gelisah

 

Untukku yang aku sayangi

Tetaplah berada dijalan ini

Berhias diri dengan akhlak islami

Tak pernah lelah dalam mengasihi

Mematuhi arahan kyai

Dan selalu mengharap ridho illahi

 

Berada dalam naungan pesantren

Telah membuat pola pikir teramandemen

Mematangkan hati tentang sikap komitmen

Menjadikan kualitas jiwa menjadi kompeten

Melatih diri dengan telaten

Untuk terus dapat memanajemen

 

Untukku yang aku sayangi

Tetaplah mengaji dan mengaji

Mendengarkan arahan kyai

Menjadi santri sejati

Meraih cita tanpa berhenti

Merealisasikan janji seorang abdi

Kepada sang rabbi berserah diri

Untukku yang aku sayangi

Jangan lupa mengabdi dan mengabdi

Menata kembali niat di hati

Belajar selalu beradaptasi

Senantiasa memupuk ambisi

Menurunkan ego gengsi

Dan jadilah santri yang berbakti


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Indonesia dalam Penguatan Nilai-Nilai Pancasila

Pendidikan telah menjadi bagian hidup dari setiap orang yang memiliki kedudukan penting. Dalam hal ini mengacu pada kepentingan bagaimana m...