Selasa, 14 Februari 2023

Teori Belajar dan Motivasi Belajar


Belajar merupakan suatu proses usaha sadar yang dilakukan oleh individu untuk suatu perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak memiliki sikap menjadi bersikap benar, dari tidak terampil menjadi terampil melakukan sesuatu.

2.  Teori belajar dilihat dari barbagai sudut pandang ada 3 yaitu:

 a) Behaviorisme (behaviorisme) 

Teori Behaviorisme merupakan perubahan tingkah laku karena pemberian stimulus dan respons. Perubahan terjadi melalui rangsangan (stimulan) yang menimbulkan hubungan perilaku reaktif (respon). Stimulan tidak lain adalah lingkungan belajar, baik yang internal maupun eksternal yang menjadi penyebab belajar. Sedangkan tanggapan adalah akibat atau dampak, berupa reaksi fisik terhadap stimulan. Implementasi pada teori saat ini bisa dilakukan dengan mempersembahkan latihan soal secara berualang-ulang agar menjadi kebiasaan.

b) Sosial-Cognitivsm 

Teori pembelajaran yang dapat menciptakan suatu pembelajaran ketika seseorang dapat mengamati dan dapat meniru perilaku yang didapat dari lingkungan. Teori ini menghubungkan antara faktor lingkungan, perilaku dan faktor kognitif dalam proses pembelajarannya, Implementasi dari teori ini saat ini mendorong diskusi berdasarkan apa yang diajarkan oleh guru lalu menjelaskan materi kembali di depan kelas dan mengajak siswa lainnya untuk mengajukan pertanyaan.

c) Teori Konstruktivisme 

Teori yang membahas bahwa pengetahuan tumbuh dan berkembang melalui pengalaman. Pemahaman berkembang semakin dalam dan kuat apabila selalu diuji oleh berbagai macam pengalaman baru. Siswa perlu dibiasakan memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya, dan bergelut dengan ide-ide, yaitu siswa harus mengurai pengetahuan di benak mereka.Implementasi dari teori ini siswa diberi penjelasan untuk menyelesaikan berdasarkan pengalaman.

 

3.   Motivasi belajar (berdasarkan kebutuhan, tujuan,  minat emosi , keterampilan regulasi diri).

a) Motivasi belajar berdasarkan kebutuhan

Menurut Abraham Maslow motivasi menyebabkan perilaku yang diarahkan pada tujuan. Melalui motivasi, manusia bisa diarahkan untuk kebutuhan tertentu. Kebutuhan tersebut disusun sesuai skala prioritas. Dari teori tersebut manusia melakukan kegiatan belajar karena ada kebutuhan tertentu yaitu untuk mempelajari hal yang tidak terampil menjadi terampil dengan tujuan melatih keterampilan atau menambah pengetahuan.

b) Motivasi belajar berdasarkan tujuan

Motivasi belajar yang dibutuhkan untuk tujuan menggerakkan atau menggugah seseorang agar secara sadar dan sengaja timbul keinginan dan kemampuannya untuk melakukan kegiatan belajar sehingga dapat memperoleh hasil dan mencapai tujuan yang diinginkan.

c) Motivasi belajar berdasarkan emosional – minat

Emosi membuat seseorang merasakan senag, sedih, cemburu, cinta, aman, takut, semangat dan sebagainya. sedangkan motivasi menyebabkan seseorang melakukan sesuatu dan bertahan dalam melakukanya dan ditandai dengan timbulnya reaksi dan perasaan untuk mencapai tujuan. Dua hal tersebut sangat berpengaruh apabila kita ingin belajar harus memiliki motivasi dan minat emosional agar ketika melakukan kegiatan pembelajaran kita tahu tujuan dan dalam pelaksanaannya perasaan senang dan tidak tertekan.

d) Motivasi belajar berdasarkan keterampilan regulasi diri

Regulasi diri memiliki peranan penting dalam diri karena memiliki regulasi diri yang dikatakan tinggi maka individu akan mampu mengendalikan fikiran, perasaan, dorongan dan hasrat dari ransangan luar diri agar sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dan cita-cita.

Dalam hal pembelajaran, regulasi diri akan membantu individu atau siswa dalam mengendalikan fikiran, dorongan, dorongan dan keinginan eksternal dalam menempuh cita-citanya. Lebih jauh regulasi diri dapat mengendalikan motivasi individu dalam belajar meskipun kondisi sosial memberikan pengaruh negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Indonesia dalam Penguatan Nilai-Nilai Pancasila

Pendidikan telah menjadi bagian hidup dari setiap orang yang memiliki kedudukan penting. Dalam hal ini mengacu pada kepentingan bagaimana m...